Posted by: san rihael | January 6, 2009

Wasir dan pengobatannya

hillustMeski tergolong penyakit tidak berbahaya, wasir sering meresahkan si penderita. Terlebih jika keluar tonjolan wasir di muara dubur (anus) atau ketika darah segar menetes-netes dari dubur, adakalanya mengakibatkan si penderita wasir menjadi pucat pasi. Bisakah penderita bisa menaklukkannya tanpa harus dioperasi?


PENGERTIAN
Wasir atau hemorrhoids adalah penyakit yang timbul karena pembuluh-pembuluh darah di daerah anus melebar akibat aliran darah ke jantung terhambat. Pembuluh yang melebar ini kemudian ditutupi oleh selaput lendir, kulit, jaringan ikat atau otot-otot polos, dan lama-kelamaan membengkak dan membentuk tonjolan.

Berdasarkan letaknya, wasir terbagi menjadi 2 jenis, yaitu wasir dalam dan wasir luar. Wasir dalam adalah pembuluh darah ditutupi oleh selaput lendir yang basah di dalam anus. Awalnya wasir dalam tidak terlihat dari luar, tapi jika sudah membesar bisa menonjol keluar.

Gejala umum wasir dalam adalah terkadang bisa keluar darah ketika buang air, karena tonjolan wasir yang menempel di dinding dalam anus tergesek oleh feses yang sulit keluar.

Khusus untuk wasir dalam, ada beberapa stadium, yaitu:

Stadium 1, ditandai dengan tonjolan masih kecil dan belum keluar. Gejalanya, darah menetes setiap habis buang air besar.

Stadium 2, tonjolan sudah keluar tapi belum begitu besar. Gejalanya, setelah buang air besar, tonjolan keluar, tapi akan masuk kembali saat penderita dalam posisi berdiri.

Stadium 3, tonjolan sudah lebih besar. Gejalanya, usai buang air tonjolan keluar dan tidak masuk lagi. Jadi harus ditekan dan didorong menggunakan tangan.

Stadium 4, tonjolan bisa sebesar bola tenis. Tonjolan tidak bisa didorong masuk, dan harus dioperasi.

Pada wasir luar, kulitlah yang menutupi pembuluh darah. Karena posisinya di luar anus, wasir luar lebih gampang terlihat. Gejala umum wasir luar tentu berbeda dengan wasir dalam. Karena berada di luar dan tidak dilalui kotoran, keluhannya adalah rasa sakit atau nyeri akibat pembuluh darah yang pecah. Setelah pecah, darah tidak keluar tapi mengumpul dan menjadi trombus (bekuan darah). Ada kalanya wasir pecah, tapi tetap menonjol dan menjadi bekuan darah. Kedua jenis wasir itu jika tidak diatasi akan berbahaya.

PENYEBAB
Pada dasarnya wasir ditimbulkan oleh tekanan rongga perut (abdomen) berkepanjangan yang mengakibatkan pelebaran pembuluh darah balik (vena) dan pembengkakan jaringan di dinding dubur. Kondisi ini biasanya dialami oleh orang yang sering mengejan, wanita hamil dan pekerja berat (angkat-angkat berat).

Beberapa faktor penyebab timbulnya wasir, diantaranya:

  • Sembelit (konstipasi). Kotoran yang keras menyebabkan seseorang sering mengejan saat buang air besar. Kondisi ini lambat laun dapat memicu timbulnya wasir.
  • Wanita hamil. Dalam keadaan hamil, tekanan rongga perut meningkat lantaran ada janin dalam kandungan. Tak jarang diikuti konstipasi, yang berpotensi menderita wasir. Kondisi yang sama dapat dialami oleh wanita pasca melahirkan karena mengejan.
  • Hipertensi, terutama hipertensi portal, juga dapat menyebabkan wasir karena hubungan antara pembuluh vena portal dengan vena cava yang ada di dinding rektal.
  • Pekerjaan yang menyita banyak waktu duduk, berdiri lama, mengangkat yang berat-berat.
  • Beberapa jenis makanan yang merangsang, seperti cabe dan rempah-rempah pun dapat memicu wasir. Karena zat dalam makanan tersebut membuat pembuluh darah gampang melebar. Menghindari makanan-makanan tersebut ketika wasir kumat, akan membantu penderita.
  • Penyakit diare kronis juga bisa menimbulkan wasir. Saat diare, menyebabkan buang air besar berulang-ulang, sehingga pembuluh darah yang melebar dan tertutup oleh selaput lendir, jaringan ikat atau kulit, terlalui kotoran dan terinfeksi.
  • Obesitas (kegemukan), minuman beralkohol dan anal seks adalah faktor-faktor lain yang dapat memicu timbulnya wasir.

TANDA-TANDA
Pada umumnya, wasir mudah dikenali terutama jika penderita menunjukkan tanda-tanda sebagai berikut:

  • Gatal dan nyeri di permukaan dubur.
  • Keluarnya lendir atau darah bersama kotoran.
  • Tetesan darah segar dari dubur.
  • Benjolan lunak di permukaan dubur. Pada kasus yang berat, timbul benjolan besar disertai rasa nyeri hingga perderita sulit duduk.
  • Kendati tanda-tanda wasir mudah dikenali, tidak semua penderita wasir menunjukkan adanya keluhan.

CARA MENAKLUKKAN WASIR
Agar tidak bertambah berat, para penderita wasir perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:

  • Usahakan berendam air hangat untuk mengurangi nyeri.
  • Mengkonsumsi makanan berserat agar kotoran (feces) menjadi lunak, misalnya: buah-buahan dan sayur mayur.
  • Hindari celana dalam yang terlalu ketat.
  • Menghindari minuman beralkohol agar kotoran tidak keras.
  • Minum dalam jumlah yang cukup, sedikitnya 1,5 liter dalam sehari.
  • Hindari menggosok-gosok daerah dubur agar tidak terjadi perlukaan.
  • Jangan membiasakan menahan buang air besar dan jangan pula memaksa untuk buang air besar.
  • Hindari berlama-lama di toilet saat buang air besar, misalnya sambil membaca, karena kebiasaan ini akan meningkatkan tekanan di daerah dubur.
  • Olah raga teratur.
  • Gunakan terapi alami untuk menyembuhkannya.

Terapi alami untuk wasir adalah pemanfaatan produk lebah, yaitu madu, bee pollen, dan propolis. Ketiganya dipakai bersamaan baik itu mengkonsumsinya maupun mengoleskannya pada bagian yang menonjol.

Berapa lama harus mengkonsumsi produk lebah guna menyembuhkan wasir tersebut? Jawabnya tergantung kronis tidaknya penyakit wasir yang diderita. Jika penyakitnya masih terbilang stadium satu atau dua, kemungkinan besar, dalam satu minggu akan segera sembuh, dengan catatan rutin melakukan terapi produk lebah tersebut. Serta yang tidak kalah pentingnya adalah menghindari berbagai penyebab wasir seperti makanan yang pedas-pedas. Banyak makan sayur-sayuran dan buah-buahan sangat dianjurkan, begitu pula dengan banyak minum air putih.

Tapi, bila wasirnya sudah kronis, tentu akan memakan waktu lama untuk penyembuhan. Karena dampak dari wasir yang kronis telah banyak merusak sel-sel dalam tubuh, sehingga perlu waktu yang cukup untuk mengembalikannya dalam keadaan semula.

Masalah waktu ini pun cukup relatif, jika penderita cukup disiplin dalam menjalani terapi, pola makan yang sehat dan rajin berolahraga, waktu yang lama bisa dipersingkat. Namun, umumnya yang banyak terjadi justru ketika sudah merasa agak sembuhan sedikit, penderita kembali melakukan pola makan dan gaya hidup yang lama, sehingga wasir yang tadinya mulai sembuh, kembali meradang.

Selain terapi produk lebah di atas, penderita bisa memakai chlorophyll digabungkan dengan Ayurveda untuk menaklukkan wasir.

Link referensi:

http://cakmoki86.wordpress.com/2007/08/04/tips-mengatasi-wasir/

http://en.wikipedia.org/wiki/Hemorrhoid


Responses

  1. Bagaimana cara pemakaian produck seperti royal jeli, madu, bee prolis untuk menyembuhkan benjolan wasir… terima kasih saya tunggu balasannya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories